Leap Year

It's a leap year wohooo
Tahun Kabisat 2016

Hari ini adalah hari Senin, hari dimana kebanyakan orang masih malas memulai sesuatu, seperti kembali bekerja atau kembali bersekolah setelah weekend yang begitu tidak terasa :D Namun Senin kali ini adalah Senin yang spesial untuk beberapa orang yang berulang tahun di hari ini atau mungkin spesial untuk penggemar tanggal tertentu seperti aku hihi karena hari ini tanggal 29 Februari 2016. Ya, tanggal 29 Februari itu hadir setiap empat tahun sekali, Wow! 
Gimana caranya ya bisa gitu? Setelah aku surfing cara perhitungan kalender tahun kabisat, ada berbagai banyak sumber tapi tidak ada rumus yang sederhana untuk menghitung tahun kabisat itu karena hampir tidak berpola. Eitss tunggu dulu, menurut teori sekarang ini, meskipun muncul setiap empat tahun sekali, nggak berarti tahun yang habis dibagi empat berarti tahun kabisat, misalkan tahun 2000 merupakan tahun kabisat namun tahun 1700, 1800 dan 1900 bukanlah tahun kabisat. Nah artinya tahun yang habis dibagi 100 tapi tidak habis dibagi 400 bukanlah tahun kabisat.
Ada banyak hal unik di tahun kabisat ini, contohnya cerita Yunani saat dipimpin Kaisar Julius di Roma, bulan Februari punya 30 hari, namun Agustus punya 29 hari sedangkan Juli punya 31 hari (diambil dari nama sang kaisar). Saat Kaisar Agustus naik tahta menggantikan Julius Caesar, dia marah karena jumlah hari dimana ia lahir hanya 29 hari. Akhirnya ditambahlah jumlah hari Agustus menjadi 31 hari agar sama seperti Juli dan sebagai kompensasinya maka dipilihlah Februari yang memiliki 28 hari, hihi lucu ya karena sikap iri Kaisar Agustus sampai merubah jumlah hari gitu.
Ada lagi nih hal unik tradisi Leap Year di Irlandia, wohopp negara my baby honey spaghetti Niall<3 Nah di hari ini seorang perempuan bisa melamar pria, sang pria diwajibkan untuk menerima sang wanita tapi kalau menolaknya, mereka harus memberi imbalan seperti gaun, uang atau barang berharga lainnya. Duhhhh, rasanya mau otw Ireland deh buat ngelamar Niall hihi. Konon katanya seorang biarawati dari Irlandia namanya St Bridget mengeluh ke St Patrick bahwa mengapa kaum perempuan harus menunggu terlalu lama untuk dilamar. Lantas St Patrick mengeluarkan dekrit bahwa para perempuan bisa melamar pada tanggal 29 Februari. Unik ya!
Nah untuk yang berulang tahun di tanggal 29 Februari sih anti mainstream banget ya hihi. Mereka dapet ucapan ulang tahun di tgl 28 Februari rasanya kecepetan tapi nggak ada salahnya juga sih, bisa juga dirapel tanggal 1 Maret, tergantung kebutuhan deh kalo gitu caranya hihi. Oh iya salah satu stasiun radio swasta di Jakarta bikin event Hari Bolos Sedunia lho, acara ini dibuat untuk memperingati tanggal 29 Februari ini yang jarang-jarang terjadi, mangkannya digelarlah kegiatan yang menyenangkan hati, mereka memilih 10 pendengar yang beruntung untuk diajak keliling Jakarta naik bus dan ditraktir selama sehari penuh! Wih keren juga ya idenya hihi. Untuk Google sendiri merayakan Leap Year dengan cara bikin doodle yang lucu tuh hihi gemeshhh.
Oke segitu dulu pembahasanku tentang Leap Year, see you next time February, 29th!:)). 

Thank you for review my feeds.
All the love as always.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Counted Days

89

no title