Ceritaku di Masa Pandemi: Perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi)

Hai kalian yang sedang membaca blogku ini, semoga sehat selalu, ya!

Terhitung dari bulan Maret hingga hari ini di bulan Juli, empat bulan sudah masa pandemi akibat COVID-19 menguasai berbagai belahan dunia. Segala aktifitas dihentikan demi mencegah penularan virus, termasuk perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia. Tetapi, bagi pemilik SIM yang sudah mendekati habis masa berlaku sepanjang masa PSBB diberi kelonggaran waktu untuk mengurus, tanpa harus membuat SIM dari awal.

Pada 30 Mei 2020 layanan perpanjangan SIM kembali dibuka seperti di Unit Satpas, untuk pelayanan perpanjang SIM di gerai-gerai Mal masih belum tersedia karena masih adanya larangan Mal beroperasi. 

Aku yang berulang tahun di bulan Juli (cieee) dan SIM C sudah berumur lima tahun, berencana untuk melakukan perpanjang. Tanya sana tanya sini, akhirnya dapat pencerahan untuk perpanjang SIM dengan pelayanan mobil keliling. Lokasi terdekat mobil terdekat saat itu adalah ITC Cempaka Mas Pintu Selatan.

Mendatangi meja penerimaan dan ada petugas untuk menerima fotokopi KTP sebanyak 2 (Dua) lembar dan SIM yang akan diganti, kemudian diberi nomer antrian. (Tips: datang lebih pagi lebih baik, karena aku datang jam 10 pagi sudah dapat antrian nomer 180). Ada barisan kursi untuk diduduki meraka yang sedang mengantri giliran, tentu saja sudah diberi jarak sesuai protokol kesehatan. 

Tik tok tik tok... 

Di saat jam istirahat, petugas jeda 15 menit untuk makan siang. Aku pun ikut makan bekal yang sudah dibawa, menghindari beli makan di luar tentunya.

Jam 14:10 nomer antrianku dipanggil untuk masuk mobil pelayanan, pertama aku dites buta mata, lembaran-lembaran seperti ini:
Setelah itu, aku mengambil foto, sidik jari, dan tanda tangan digital secara bersamaan. Sembari menunggu kartu SIM C yang sedang dicetak, aku membayar biaya sebesar Rp 130.000,- dan taraaa kartu sudah jadi, dan ada kartu Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) dari Asuransi Bhakti Bhayangkara.

Sekian ceritaku perpanjang SIM di masa pandemi ini, semoga membantu kalian. Sehat selalu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Counted Days

89

no title